Sabtu, 17 Juni 2017

HATI - HATI

Seorang guru, mengatakan.
"Seorang beriman itu, diibaratkan seorang yang sedang berjalan diantara hamparan duri. Jadi dia sangat hati - hati melaluinya".
.
.
Bagaimana aplikasi dikeseharian?
.
Seorang muslim yang hati-hati, saat melepas sandal didepan pintu. Mendahulukan kaki kiri dan menempatkannya dengan rapi. Dan mematuhi "batas suci"
Karena dia tak ingin orang lain terjatuh dan terkena najis yang ada ditelapak alas kaki.
.
Seorang muslim makan dengan hati - hati. Mengambil yang paling dekat dihidangkan. Makan dengan duduk, menggunakan dengan tangan kanan, mengunyah perlahan, berdoa dan tak berlebihan. Tak menyisakan makan dan sia sia. Karena dia takut hal kemubadziran.
.
Seorang muslim yang menghemat listrik dengan mematikan lampu - lampu yang tak terpakai dan kelistrikan lain. Sebagai bentuk kehati - hatian dalam menggunakan fasilitaa. Dan dia meyakini, mematikan saklar itu bagian dari ibadah
.
Seorang muslim, yang memilah sampah. Karena sampah yang bercampur basah dan kering. Menjadikan sampah tak bernilai guna. Dengan memilah, sesungguhnya dia sedang membantu pemulung dan menjaga kelestarian lingkungan dan menghindari bencana (banjir, diare).
.
Seorang yang memberi pakan binatang peliharaan dan menyiram tanaman dimusim yang tidak hujan. Karena itu bentuk belas kasihan pada sesama makhluk. Sebagai bentuk dari Rahman dah Rahimnya Alloh.
.
Seorang yang berhati- hati memilih dan membaca referensi bacaan maupun share link dan juga berhati - hati dalam kolom komentar. Karena dia menyakini setiap ucap dan sikap dalan pengawasan malaikatNya.
.
Seorang yang menaruh barang dengan rapi.
Pisau agar tak terluka, gelas diketengahkan dimeja agar tak pecah, barang dirapikan terutama dijalur keluar masuk pintu rumah. Karena barang yang berserakan, bisa menjadikan celaka orang lain. Itu bagian dari kehati- hatian.

Kata kuncinya adalah :
(1) Kehati - hatian dan
(2) Terpaut pikiran dan hatinya dengan Alloh.
.
# Semoga didapati hikmah dan nasehat.

Oleh Zaeni Jogya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar